Sekilas Sejarah Hotwheels

Hotwheels adalah merek dari mainan mobil-mobilan yang diproduksi oleh MATTEL, salah satu perusahaan mainan terbesar di Amerika. Berikut ini sekilas sejarah mengenai Hotwheels.

Tahun 1968
Pada tahun 1968 Elliot Handler, co-founder Mattel membuat satu line produksi khusus die casting untuk miniatur atau prototipe mobil mainan, yang dikemudian hari membawa brand Hot Wheels. Ide ini diilhami besarnya pangsa pasar miniatur mobil saat itu yang dikuasai oleh perusahaan Inggris yaitu Lesney. Meski sebelumnya pimpinan perusahaan menyatakan hal itu adalah ide yang buruk tapi kenyataannya produksi mobil mainannya sukses besar. Pada awalnya Hot Wheels hanya memproduksi dengan 16 casting yang 11 diantaranya didesain oleh Harry Bentley Bradley. 16 mobil hotwheels pertama ini dikenal dengan seri “sweet sixteen” dan menjadi buruan kolektor di seluruh dunia.

hotwheels-sweet-sixteen

 

Tahun 1969
Tahun 1969 merupakan kejutan besar bagi Mattel karena produk miniatur mobil mainan mengalami sukses besar. Desainer pertama Harry Bentley Bradley tidak mengira produk rancangannya akan sesukses itu dan ketika kesuksesan datang dia sudah keluar dari Mattel dan digantikan temannya yaitu Ira Gilford. Pada tahun 1969 inilah brand Hot Wheels memantapkan dirinya sebagai merek terkemuka untuk produk miniatur mobil mainan di Amerika Serikat.

Tahun 1970-an
Menginjak tahun 1970 merupakan tahun keberhasilan bagi Hot Wheels. Pada tahun ini lahir Sizzlers. Dan pada tahun ini juga keluar produk Tri-Baby yang merupakan desain pertama dari Larry Wood sejak bergabung dengan Mattel. Pada tahun 1972 dan 1973 Hot Wheels mengalami kemunduran. Dan pada tahun 1973 produksi miniatur mobilnya diubah dari warna Spectraflame menjadi warna yang kurang mengkilap dan hingga kini masih digunakan. Karena penjualan yang menurun pada tahun 1972-1973, miniatur mobil yang diproduksi di tahun tersebut saat ini paling dicari oleh para kolektor. Untuk meningkatkan penjualan, pada tahun 1974 Hot Wheels mulai mengusung slogan “Flying Colors” dengan menambahkan stiker yang mencolok dan cat anti retak. Dengan desain gaya gesek roda yang rendah inovasi ini cukup revolusioner. Pada tahun 1975 Hot Wheels mulai memproduksi miniatur sepeda motor.

Tahun 1980-an
Apa yang dilakukan Hot Wheels pada tahun 1980-an merupakan langkah kejayaan yang kini didapatkan oleh Hot Wheels. Pada tahun 1981, mereka merilis Hot Ones Wheels dengan cat emas dan as yang lebih kecil sehingga menghasilkan kecepatan yang lebih tinggi. Pada tahun 1983 McDonald merilis Hot Wheels sebagai suvenir untuk paket Happy Meals nya. Dan pada tahun yang sama pabrik Hot Wheels pindah ke Malaysia. Pada tahun 1984 Hot Wheels memperkenalkan roda gaya baru yang disebut dengan Real Riders dari bahan karet asli.

Tahun 1990-an
Pada tahun 1990, Hot Wheels memperkenalkan produk helikopter. Pada dasawarsa ini terjadi perubahan besar. Sejak tahun 1995 produk Hot Wheels dibuat berdasarkan Model Seri. Dan tahun 1995 ini lahir Seri Treasure Hunt. Pada tahun 1996 Hot Wheels merilis salah satu casting yang sangat terkenal keluaran pabrik Mattel, yaitu Volkswagen Drag Bus yang dirancang oleh Phil Riehlman. Casting Volkswagen Drag Bus merupakan casting yang paling berat hingga saat ini.
Pada tahun 1999 Hot Wheels Racing menandatangani kesepakatan lisensi dengan lima tim Formula 1 untuk memproduksi mobil model skala Formula 1.

Tahun 2000-an hingga saat ini
Memasuki tahun 2000-an kiprah Hot Wheels di inidustri miniatur mainan semakin melambung. Dengan semakin banyaknya produk-produk yang dikeluarkan dari desainer-desainer Hot Wheels.

Hotwheels di Indonesia
Pada tahun 2002 Hot Wheels masuk ke Indonesia. Masuknya Hot Wheels ke Indonesia ditandai dengan peluncuran trek permainan terpanjang di Asia yaitu sekitar 200 meter dan diakui oleh Museum Rekor Indonesia (MURI). Dan sejak tahun 2002 ini lahir perkumpulan kolektor Hot Wheels di Indonesia yang sering disebut Pusat Ngumpulnya Diecaster atau PND.Seiring dengan perkembangannya makin banyak pecinta Hotwheels di Indonesia, baik anak-anak maupun kolektor.

Sumber: http://grosirhotwheels.com


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *